Secara luas, materi akuntansi juga kerap kali dikenal dengan sebutan bahasa bisnis. Hal itu terjadi karena memang memahami tentang ilmu akuntansi ini sangat berguna bagi Anda menekuni dunia usaha atau bisnis.

Dengan memegang dasar dari ilmu akuntansi, Anda bisa membuat laporan finansial yang akurat. Seperti diketahui, akurasi laporan yang diberikan dapat menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan suatu perusahaan.

Pasalnya, berdasarkan laporan tersebut, Anda bisa menentukan keputusan apa yang tepat untuk kemajuan bisnis. Dengan begitu, keputusan yang diambil dapat memberikan dampak yang signifikan pada bisnis dan perusahaan.

Penjelasan Materi Akuntansi Secara Umum

Hal pertama yang perlu dipahami dalam materi akuntansi adalah tentang pengertiannya. Secara umum, akuntansi merupakan suatu proses identifikasi, pencatatan, dan mengomunikasikan tindakan ekonomi dari organisasi atau perusahaan kepada pihak berkepentingan.

Melihat dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa akuntansi ini bukanlah suatu pekerjaan yang sederhana. Pada umumnya, akuntansi ini mencangkup berbagai macam kegiatan sehari-hari terutama dalam kegiatan bisnis.

Penggunaan ilmu akuntansi yang tepat dapat membuat perusahaan lebih paham dan jelas terhadap arus keuangan usahanya. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan perencanaan keuangan masa depan yang lebih strategis, efektif, dan pastinya lebih optimal.

Kegiatan yang termasuk dalam akuntansi meliputi pembuatan laporan finansial, penyesuaian jurnal, jurnal khusus, dan lain sebagainya. Berbekal kemampuan akuntansi, pemilik bisnis bisa mengelola bisnis dengan baik.

Pada perusahaan, akuntan direkrut untuk mengelola berbagai hal terkait keuangan bisnis. Nantinya, para akuntan dapat memberikan informasi keuangan seperti tentang keuntungan, arus kas, dan berbagai hal lain yang masih terkait tugas akuntan.

Tujuan Akuntansi

Setelah mengerti tentang pengertiannya, materi akuntansi berikutnya akan membahas tentang tujuan dari ilmu akuntansi. Tujuan dari akuntansi adalah melakukan pencatatan, pengumpulan, dan memberikan laporan keuangan terkait ekonomi pada suatu bisnis.

Namun, jika dilihat lebih jauh, tujuan tersebut masih dikelompokkan lagi dalam beberapa jenis yakni tujuan secara umum, khusus, dan kualitatif. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang berbagai macam tujuan tersebut.

1. Tujuan Secara Umum

Bagian pertama ini adalah informasi tentang berbagai tujuan dari akuntansi dilihat secara umum. Berikut adalah beberapa tujuan tersebut.

  • Memberikan informasi tentang keuangan perusahaan, terutama informasi aktiva ataupun pasiva suatu perusahaan
  • Menyiapkan informasi tentang perubahan sumber ekonomi perusahaan
  • Memberikan pemaparan tentang perubahan di sumber aset, ekonomi perusahaan, modal, dan juga hutang
  • Memberikan informasi lain tentang laporan keuangan guna menyokong pengguna laporan.
  • Memberikan penjelasan kondisi keuangan perusahaan dan diharap bisa memberikan bantuan untuk meningkatkan peluang keuntungan dari perusahaan.

2. Tujuan Secara Khusus

Tujuan khusus dari akuntansi adalah memberikan informasi berbentuk laporan yang menyajikan informasi tentang keuangan, perubahan posisi keuangan, dan juga hasil usaha sesuai dengan prinsip Generally Accounting Principles (GAAP).

3. Tujuan Secara Kualitatif

Selanjutnya, ada juga jenis tujuan akuntansi yang bersifat kualitatif. Berikut adalah berbagai tujuan akuntansi secara kualitatif tersebut.

  • Menyampaikan informasi yang bersifat relevan
  • Menyampaikan informasi sesuai Prinsip Akuntansi Berterima UMUM (PABU) dan bisa dibandingkan.
  • Memberikan informasi yang valid dan teruji kebenarannya
  • Memberikan informasi yang dapat dipahami oleh pengguna laporan keuangan, dalam hal ini oleh pihak berkepentingan
  • Menyajikan laporan keuangan untuk mengakomodasi kepentingan pihak yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan
  • Memberikan informasi kegiatan transaksi secara cepat dan real time

Itulah tadi berbagai materi akuntansi dasar yang dapat dijadikan sebagai langkah awal dalam mempelajari akuntansi. Informasi lain seputar akuntansi yang lebih dalam dapat Anda peroleh dengan mengunjungi situs GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *