Highlight

Bertindaklah dan Sukses Kemudian

Dalam artikel-artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas mindset atau pola pikir yang tepat untuk sukses, serta pentingnya sales atau penjualan yang notabene merupakan ujung tombak suatu bisnis—sekaligus jantung yang menghidupi semua lini dan divisi dalam bisnis.

Bertindaklah dan Sukses Kemudian

Langkah selanjutnya adalah segera mengambil tindakan dalam memulai bisnis. Tindakan adalah kunci keberhasilan dalam setiap bisnis atau usaha. Bertindaklah sesegera mungkin karena apalah artinya memiliki semua teori, rencana terbaik, bahkan jurus kesuksesan, jika masih menunda-nunda memulai tindakan. Ketakutan akan kegagalan hanya akan menghasilkan kecemasan. Di sinilah pentingnya memiliki keberanian untuk mulai berusaha, mulai bertindak, dan berani gagal. Hal-hal tersebut membedakan mental seorang pengusaha dengan seorang karyawan.

Sesudah memantapkan pikiran untuk berbisnis, segeralah menyusun rencana yang tepat lalu segeralah bertindak.Langkah-langkah berikut ini dapat dijadikan penuntun jalan bagi Sahabat Excellent menuju keberhasilan dalam berbisnis:

Tentukan bidang usaha yang akan dijalani

Setiap bidang usaha memiliki karakter dan keunikannya masing-masing. Kita perlu mempelajari dan memahami sifat bisnis yang akan dirintis sebelum terjun di dalamnya. Dengan menentukan bidang usaha, kita sebetulnya sudah memulai langkah pertama dalam berbisnis.

Siapkanlah modal yang diperlukan

Segera setelah pilihan bidang usaha ditentukan, mulailah melakukan survei market atau target pangsa pasar: apa yang harus disiapkan dan berapa biaya yang diperlukan (termasuk karyawan), bagaimana proses izin, dan di mana lokasinya. Kalkulasikanlah semua modal yang diperlukan dalam sebuah tulisan agar bisa selalu dipantau dan direvisi sewaktu-waktu jika perlu.

Carilah mentor atau pengusaha yang sukses di bidang bisnis yang sama, mintalah nasihatnya

Pengalaman adalah guru terbaik. Atas dasar itu, bersikaplah rendah hati dan jangan malu bertanya untuk meminta pendapat dari orang-orang sukses yang berpengalaman di bidang bisnis yang sama. Orang sukses tidak akan keberatan membagikan pengalamannya selama kita memiliki sikap yang baik, rendah hati, murah hati, dan luwes dalam berkomunikasi. Dengan meminta nasihat dan mendengarkan saran mereka kita akan menghindari potensi kegagalan yang tidak perlu, dan jalan kita mencapai kesuksesan akan lebih “hemat waktu”.

(Sudi Sudjadi)

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 51. Majalah Excellent edisi 51 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Hilman).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT