Highlight

MENGELOLA RISIKO PRIBADI DALAM BISNIS

Belum lama ini digelar perlombaan lari Jakarta Marathon. Pesertanya membludak, dari berbagai kalangan. Ada yang tua, muda, remaja, laki-laki, perempuan, pengusaha, pelajar, mahasiswa, dokter, dan lain sebagainya. Kelas atau jarak tempuh untuk acara tersebut juga berbeda-beda, ada yang marathon

MENGELOLA RISIKO PRIBADI DALAM BISNIS

full, ada yang setengah marathon, dan ada yang hanya 10 kilometer. Tidak heran, para peserta ini juga beraneka, terdiri dari pelari profesional, pelari hobby, pelari ikut-ikutan, dan pelari penggembira. Semuanya berlari dalam jalur yang telah ditentukan dengan waktu tempuh yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, sesuai dengan pilihannya. Yang kita lihat adalah : kemeriahan!

Demikian pula di dalam dunia bisnis, atau yang sekarang sedang digalakkan, yaitu dunia wirausaha. Sungguh meriah dan hiruk pikuk.Kita dengan mudah dapat melihat, mana pelari tangguh dan mempersiapkan diri, mana pelari yang setengah hati, mana pelari yang hanya menikmati perjalanan hura-huranya, dan mana pelari yang hanya ikut-ikutandan akhirnyatumbang di jalan.

Orang yang berniat menjadi pengusaha tangguh sama dengan seorang pelari profesional. Ia tidak sekedar melihat tracknya, jalur tempuhnya. Ia juga mempersiapkan diri jauh-jauh hari, mempersiapkan kompetensi yang dibutuhkan dalam jalur bisnisnya, mempersiapkan mentalnya, attitude atau sikapnya, dan menentukan target yang sesuai dengan kemampuannya. Satu lagi, ia memperhitungkan risiko yang akan ditempuhnya, dan berlatih untuk mengelola risiko tersebut.

Mengapa Risiko

Bila kita berbicara tentang dunia bisnis atau wirausaha, maka kita tidak dapat memisahkannya dari risiko. Umumnya di dalam dunia usaha atau dunia bisnis  kita mengenal 2 macam risiko, yakni Risiko Internal dan Risiko Eksternal.

Banyak pebisnis pemula hanya fokus untuk mengembangkan usahanya. Kadang mereka lupa akan risiko yang harus dikelola dalam membangun dan mengembangkan usahanya. Seandainya pun mereka memperhitungkannya, umumnya yang dikelola..........

 

*) Ietje S. Guntur, Psikolog & Pengamat Kewirausahaan. Ia dapat dihubungi melalui ietje.gun76@gmail.com 


Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 52 yang akan terbit tanggal 10, bertepatan dengan Exellent Seminar. Majalah Excellent edisi 52 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, WayangForce, atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Wishu Muhamad).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT